Kamis, 13 Januari 2011

Sopsan, Musik Parodi Dengan Ciri Khas Banyumas


Salah satu grup parodi dengan bahasa lokal (bahasa banyumas) yang dikenal oleh masyarakat kota Purwokerto yaitu Sopsan, SOPSAN tak sekedar sebuah grup lawak. Karena selain bisa melawak juga pandai bermain musik dan menyanyi. Bahkan menciptakan syair-syair yang kocak, ringan tetapi bermakna. Menurut Fajar, salah seorang personil Sopsan, dengan dipadunya antara lawakan dan nyanyian lucu yang diiringi musik ala campursari membuatnya kelompoknya semakin eksis di tengah masyarakat.
Meskipun popularitasnya tidak setenar band-band anak muda namun untuk bagi sebagian orang, grup ini cukup mendapatkan apresiasi luas, hal tersebut dikarenakan aransemen melodi dan liriknya sangat mewakili kehidupan warga yang bermukim di sekitar kabupaten banyumas, ketika memulai kariernya di bidang parodi, sopsan mendapatkan sambutan hangat terbukti dengan semakin seringnya muncul dengan paduan lawak dan musik humor yang pada akhirnya ada seorang pengusaha yang tertarik untuk direkam dalam bentuk VCD.Album Tembang Guyon Banyumasan sebanyak tiga VCD album masing masing, Narkoba (2004), Badha dan Wawawa (2005) serta Koplak Bis Purwokerto (2007) [1]
Kata Sopsan itu sendiri berasal dari kata ‘sopan santun’. Sedang Sopan akronim ‘sok pandai’ dan Santun dari rangkaian ‘santun dalam menyampaikan tuntunan’. Cikal bakal Sopsan, kata Fajar berkisah, Grup yang digawangi oleh Lik Fajar Praptono (Fajar), Lik Suyatno (Gope), dan Lik Taryoto, sebenarnya tidak berniat membuat lagu parodi, Lik Fajar dan teman-temannya hanya manggung lawak (komedi) untuk memperingati HUT Bhayangkara pada tahun 1992 dan untuk membuat variasi maka komedi tersebut ditambah dengan lagu-lagu untuk memperpanjang waktu, tetapi akhirnya Lik Renggo keluar dari Sopsan  Akhirnya Gope dan Fajar merekrut Soto kemudian menjadi formasi seperti sekarang.. Sejak itu ketiga personil Sopsan semakin menapakkan jejaknya di dunia lawak plus khususnya di Banyumas sehingga eksis sampai sekarang. Selain sudah keliling seantero Banyumas, juga pernah ditanggap di luar daerah seperti di Solo, Semarang, Jogyakarta, Banjar, Purbalingga, Tegal, Brebes dan Jakarta. Jika ada diantara para pengunjung blog pengetahuanhidup.blogspot.com ada yang menginginkan VCD Sopsan untuk dikoleksi, silakan membeli VCD original Sopsan, dengan menghubungi langsung ke: 

Fajar Sopsan di 0813-272-840-66, ATAU 0281-6845183 ATAU Jl. Waru I No. 89
Perum Tanjung Elok, Purwokerto.  

          Sebagai sample, berikut adalah salah satu lagu Sopsan diambil dari Cover Album Narkoba (2004), dengan judul "Nasib" ciptaan Fajar Sopsan. untuk mendownload, silahkan klik [disini].

3 Reaksi:

  1. baru tahu saya kalao ada grop sopsann,, mungkin tenatnya pas saya belum lahir yach,,, wkwkwkwkwk

    BalasHapus
  2. namanya aja group lokal, sebagai bentuk pelestarian budaya aja bro,salah satu misi blog ini jg untuk promosi kebudayaan yang semakin terkubur dan jadilah kita orang yang punya karakter!saya juga tidak kaget banyak orang-orang seperti anda diluar sana..support our local culture ok..?

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan Komentar anda. Kritik dan Saran Pedas anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini, tetapi Komentar kasar, rasis, dan penghinaan tidak akan diloloskan,jika berkenan follow blog saya juga ya..