Jumat, 14 Januari 2011

Tips Singkat Mengatasi Rasa Cemburu


Pada dasarnya cemburu adalah naluri manusia yang sukar untuk dibendung, banyak orang beranggapan bahwa cemburu lebih banyak melanda wanita tapi sebenarnya laki-lakipun memiliki sifat tersebut karena setiap manusia pada hakekatnya tercipta dengan rasa cemburu tersebut. Perasaan cemburu sebetulnya merupakan alarm untuk mempertahankan hubungan kita dari gangguan pihak ketiga. Namun, cemburu bisa jadi berbahaya bila kita tidak dapat mengendalikan perasaan, menjadi curiga berlebihan dan menunjukkan perilaku posesif ke seseorang. untuk itu dibutuhkan tindakan yang dapat mengatasi rasa cemburu agar tidak berlebihan, Berikut adalah beberapa tips sederhana dan mudah yang bisa membantu Anda mengatasi kecemburuan dalam situasi sehari-hari.
  • Pelajari situasi
Langkah awal mengatasi rasa cemburu yang dirasa membawa energi negatif ini adalah dengan mengenali situasi terlebih dahulu. Ini bisa membuat Anda mendapatkan pandangan-pandangan lain yang lebih objektif. Tanyakan pada diri sendiri apakah melihat si dia makan siang dengan teman wanitanya atau sebaliknya memiliki alasan kuat untuk cemburu atau ini hanya reaksi Anda yang berlebihan.
  • Komunikasi
Sebaiknya mulailah membagi keraguan, ketakutan dan pikiran Anda ini dengan si dia, tentu saja dengan cara yang tidak berlebihan dan suasana yang nyaman. Jika Anda sakit hati melihat ia menjalin komunikasi rutin dengan sang mantan, jelaskan alasan hingga akhirnya ia mengerti perasaan Anda.
  • Belajarlah untuk menilai diri sendiri
Buatlah daftar kulaitas anda dan si dia, segala sesuatu yang membuat dia dan Anda saling mencitai. Jika rasa cemburu menghampiri, bacalah kembali daftar tersebut untuk mengingatkan Anda bahwa ia mencintai Anda dan Anda tidak memiliki alasan untuk cemburu dengan teman wanita atau sebaliknya tersebut.

4 Reaksi:

  1. tidak bisa saya pungkiri sob, kalau saya orangnya sedikit cemburuan,, wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. saya yakin semua orangpun pernah meraskannya sob.. hehee...

    BalasHapus
  3. Azura: Artikel ini dedicated buat ce' ane sih.. jadi kurang obyektif hehee.. :)

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan Komentar anda. Kritik dan Saran Pedas anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini, tetapi Komentar kasar, rasis, dan penghinaan tidak akan diloloskan,jika berkenan follow blog saya juga ya..