Minggu, 03 Juli 2011

Join Clerical Path Lines PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk

       Senyum, sapaan serta keramahan Teller dan Customer Services, itulah yang identik dengan pelayanan bank kepada para nasabahnya.

      Merekalah garda depan dunia perbankan yang dikenal sebagai front liner. Good appearance, good communication, and attractive identik dengan penampilan mereka. Pada Kamis (12/05/2011) lalu PT. Bank Mandiri Persero menggelar Walk in Interview bagi sekitar 211 orang pelamar jalur Clerical Path Lines Bank Mandiri di Graha Karir ECC Krasak.

      Jalur clerical path lines yang dibuka PT. Bank Mandiri Persero membuka lowongan untuk posisi Front Liner yang terdiri atas Teller dan Customer Services, serta Mikro Kredit Analis (MKA). Dalam rekrutmen yang dilaksanakan oleh PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kanwil Jawa Tengah DIY dari pukul 08.00 – 16.00 WIB ini, dipanggil 723 orang pelamar posisi Front Liner dan 65 pelamar posisi Mikro Kredit Analis yang tidak semuanya hadir.

      Diakui oleh Nur Khamid Personalia PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kanwil Semarang, "Rekrutmen kali ini menargetkan 200 calon karyawan Front Liner dan Mikro Kredit Analis yang akan  menggantikan posisi karyawan pelaksana Bank Mandiri yang mendapat promosi, serta adanya perkembangan usaha Bank Mandiri dengan pembukaan 20 kantor cabang baru di wilayah Jawa Tengah dan DIY yang membutuhkan banyak karyawan pelaksana di wilayah Jawa Tengah dan DIY".

      Sitoresmi Anjar Prabandari, Senior Manager Human Capital Services Group Bank Mandiri menjelaskan bahwa dalam Mandiri hiring path terdapat dua jalur penerimaan karyawan, yang pertama adalah Clerical Path Lines bagi para Front Liner dengan entry level dibawah persyaratan bagi Officer Development Program (ODP). Sedangkan jalur kedua adalah Managerial Path Lines atau yang lebih dikenal sebagai Officer Development Program (ODP), jalur Management Trainee yang dikhususkan kepada 'the best candidate S1 from reputable universities'.

       Salah seorang peserta tes Widarti, mengaku bahwa pilihannya mengikuti rekrutmen jalur Front Liner Bank Mandiri kali ini dikarenakan persyaratan dan tahapan tes seleksi yang dirasa lebih mudah jika dibandingkan dengan jalur ODP yang dulu pernah diikutinya. "Jalur ODP tes seleksinya panjang sampai 6 tahap, sedangkan jalur Front Liner hanya ditempuh dalam 4 tahap tes saja yaitu walk in interview – ability test – medical test – final interview," tutur lulusan Ilmu Komunikasi ini. Sedang peserta lain yang dijumpai usai tes, Septiana dari Administrasi Negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengaku tidak mengetahui adanya perbedaan antara jalur Officer Development Program (ODP) dengan jalur Front Liner

       Dengan persyaratan antara lain, berasal dari perguruan tinggi terakreditasi, IPK minimal 2,75, usia maksimal 24 tahun, dan pendidikan S1 segala jurusan, jalur Front Liner memang memiliki entry level di bawah jalur Officer Development Program (ODP). "Namun dikarenakan posisi Front Liner sangat vital sebagai ujung tombak perbankan, maka kami mencari kriteria yang good appearance (penampilan rapi, bersih), komunikatif, dan tentunya menarik. Sedangkan untuk posisi Mikro Kredit Analis terkait dengan deskripsi kerjanya yang terkait dengan masyarakat maka kami justru mengutamakan penduduk lokal," tutur Nur Khamid.

       Nur Khamid kembali menambahkan training yang akan dijalani para Front Liner setelah mereka dinyatakan diterima juga tidak seberat jalur Officer Development Program (ODP). Training Front Liner berbentuk in house training selama 1-3 minggu saja tentang materi sale, services, systems, dan teknis pelayanan nasabah dan setelah itu langsung bekerja.

       Nah! tunggu apa lagi jika Anda memang berminat untuk berkarir di dunia perbankan, ada berbagai jalur yang bisa Anda ikuti : baik jalur Officer Development Program (ODP) maupun jalur Front Liner. Jika Anda masuk melalui jalur Front Liner pun bukan berarti tak ada peluang pengembangan jenjang karir, karena setelah bekerja selama 5 tahun maka peluang untuk promosi melalui jalur Staff Development Program (SDP) Bank Mandiri bisa Anda dapatkan. (Ayya)

source :  ecc.ft.ugm.ac.id

Interest candidate able to visit our web to get complete information about our job vacancy.
Web : www.bankmandiri.co.id and select ‘career’.
Mandiri call : 14000


5 Reaksi:

  1. Saya juga mengikuti seleksi untuk Front Liner, sudah 3 tahap dilalui yaitu Interview Awal-Ability Test-Medical Test dan selanjutnya hanya tinggal Interview Final

    Untuk interview final, hal apakah yang sekiranya harus saya pelajari dan persiapkan agar bisa maksimal?

    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sebenarnya untuk interview final yang harus diperhatikan adalah perform anda. cukuplah dalam istirahat agar anda tampak fresh di depan pewawancara. serta kendalikan rasa grogi anda sehingga anda dapat menjawab semua pertanyaan2 yang diajukan dengan tegas. semoga berhasil. :)

      Hapus
  2. saya sudah mengikuti seleksi mandiri, yang pertama interview, trs sekitar 3 hari dapat panggilan telp untuk test psikotes,tp udah 2 mingguan blm ad panggilan lagi, kira2 saya diterima ato gak ya,, krna saya gak tau brp lama panggilannya klo di mandiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditunggu aja mas kira2 3minggu-an untuk wawancara user. saran saya apabila sedang mengikuti seleksi masuk sebuah perusahaan, perbanyaklah anda bersosialisasi, mintalah contact teman tes anda untuk mengetahui progres mereka. sehingga apabila ada informasi anda dapat mengetahui dengan segera.

      Hapus
  3. saya sudah mengikuti interview awal.psikotest dan terakhir interview final.tinggal menunggu medical chek up..tetapi sudah 3minggu kok lum da pnggilan yaaaa.apakah ditolak?????

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan Komentar anda. Kritik dan Saran Pedas anda sangat membantu dalam pengembangan blog ini, tetapi Komentar kasar, rasis, dan penghinaan tidak akan diloloskan,jika berkenan follow blog saya juga ya..